Minggu, 01 November 2015

Tanya Jawab

Diposkan oleh andi fahmi on 22.13.00
MENDENGAR MUSIK TIDAK SENGAJA
PERTANYAAN :
Ust, apabila kita di jalan atau bus, atau di tempat perbelanjaan, dan disitu diputar musik, apakah haram ustadz? Jika haram bagaimana solusinya?
JAWAB :
Perlu kita fahami perbedaan 2 hal berikut ini, yaitu

1⃣ Sima' (mendengarkan dg hanya sekedar mendengar tanpa niat dan tujuan mendengarkan)
2⃣ Istima' (mendengarkan dengan tujuan dan maksud memang untuk mendengarkan)
Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Syaikhul Islâm Ibnu Taimiyah rahimahullâhu di dalam Majmû al-Fatâwâ (X/78), beliau mengatakan :
... ولهذا إنما يترتب الذم والمدح على الاستماع لا على السماع، فالمستمع للقرآن يثاب عليه، والسامع له من غير قصد وإرادة لا يثاب على ذلك إذ الأعمال بالنيات .
وكذلك ما يُنهى عن استماعه من الملاهي لو سمعه السامع بدون قصده لم يضره ذلك
... Oleh karena itu sesungguhnya yang memiliki konsekuensi celaan dan pujian adalah pada istima' bukanlah pada sima'
Orang yang istima' (mendengarkan) Al-Qur'ân maka akan diganjar pahala.
Adapun org yang sima' (sekedar dengar) Al-Qur'ân tanpa bermaksud dan bertujuan mendengarkannya, maka tidaklah mendapatkan pahala, karena amal perbuatan itu bergantung niatnya.
Maka dengan demikian, yang dilarang adalah istima' (mendengarkan) musik (dengan sengaja), namun apabila ada seseorang yang sekedar mendengarkan (sima') tanpa ada tujuan untuk mendengarkannya, maka hal ini tidaklah memadharatkannya.
(selesai ucapan Syaikhul Islam)
Maka, kesimpulannya adalah :
1⃣ Apabila mendengarkan musik (istima') dilakukan  dengan sengaja dan merasa nyaman dengannya (tidak ada pengingkaran di hati), maka ini haram hukumnya.
2⃣ Apabila dia sekedar mendengarkan, karena memang tidak dapat terlepas darinya, sedangkan dia tdk bermaksud utk mendengarkannya dan tdk merasa enjoy dengannya, maka ini tidaklah mengapa dan tdk bermudharat baginya.
3⃣ Apabila seseorang khawatir musik tsb akan merusak hatinya, atau mengganggu keimanannya, maka hendaknya dia berupaya tdk mendengarkannya, bisa dengan ngobrol dg orang lain, atau menutup telinganya dengan headset, atau lain sebagainya.
Wallâhu a'lam
✏@abinyasalma
#⃣ Channel Telegram al-Wasathiyah wal I'tidal
Join channel : https://telegram.me/abusalmamuhammad

Kindly Bookmark and Share it:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Instagram

Instagram

ZIKIR PAGI SORE