Minggu, 17 November 2013

Video Kultum: Mencuci Tangan Sebelum Tidur



Faidah yang dapat dipetik:
1. Disampaikan sebuah hadits Nabi -shallallahu’alaihi wa sallam- yang shahih diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab al-adabul mufrod,
 إِذَا يَبِيْتُ أَحَدُكُمْ وَفِى يَدِهِ غَمَرٌ فَأَصَابَهُ شَىْءٌ فَلاَ يَلُومَنَّ إِلاَّ نَفْسَهُ
“Jika salah seorang dari kalian tidur sedangkan di tangannya terdapat ghomar (sisa/ bau makanan) dan ketika itu dia terkena suatu musibah, maka janganlah mencela kecuali kepada dirinya sendiri.”
2. Nabi shallallahu’alaihi wa sallam memerintahkan kepada kita ketika mau tidur agar membersihkan tangan dari sisa atau bau makanan yang ada di tangan. Demikian juga bau makanan yang ada di mulut.
3. Adanya syariat atau sunnah-nya mencuci tangan setelah makan, dan ini salah satu adab makan.
4. Seandainya perintah Nabi -shallallahu’alaihi wa sallam- ini dilanggar dan dirinya tertimpa musibah karena sisa atau bau di tangan dan mulutnya mengundang serangga atau tikus untuk hinggap atau mengerubung di tangan dan mulutnya hingga digigit, maka janganlah dia menyalahkan seorangpun kecuali dirinya sendiri karena kelalaian yang dilakukannya sendiri.
5. Menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang cinta kebersihan.
6. Setiap adanya perintah dan petunjuk dari Nabi Muhammad -shallallahu’alaihi wa sallam- yang diabaikan, maka bersiaplah akan adanya resiko yang menimpa.
-wa billahit taufiq-

0 komentar

Posting Komentar